Twitter

#psikopad08

Hari ini hari terakhir kuliah kelas besar satu angkatan.
Hari terakhir kuliah kelas besar satu angkatan ditutup dengan kuliah Inventory.

Nggak kerasa. Nggak kerasa banget (kalo menurut gue) ternyata udah 3 tahun berlalu sejak kami semua menjadi mahasiswa baru di kampus (cukup) tercinta, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran. Nggak kerasa banget tiba-tiba gue udah berstatus sebagai mahasiswi tingkat 4, semester 7, hampir semester 8 di kampus ini.

Banyak, banyak banget cerita yang bisa dituangin dengan topik psikopad08. Ya, Psikologi Unpad 2008. Dengan jumlah kepala yang kurang lebih 12x (iya, gue ga hafal berapa). Itu oun sebenernya gue ngga yakin bener ngga ada segitu kepala di angkatan ini hahaha.

Segala jenis nilai yang mungkin ada di kampus pernah gue dapetin, A, B , C, D, E, T. Oh, kecuali K deng ternyata.

Segala jenis orang dengan segala ke"abnormal"annya. Dari yang super santai, sampe yang paniknya nggak kebayang. Dari yang kalo ngomong paling halus, sampe yang kalo ngomong cukup kasar. Dari yang pendiam, sampe yang cerewet. Dari yang punya banyak temen, sampe yang sendiri aja nggak ada temennya (no offense okeyy). Dari yang tukang ngibul, sampe yang (mungkin) beneran jujur. Itu baru mahasiswanya.

Dosen..... Ya, nggak beda jauh lah. Ada dosen yang baik, asik kalo ngajar, rese, galak, belom lagi kalo kebetulan dapet dosen wali yang agak-agak kurang bertanggung jawab sama tugasnya, atau dosen wali yang sibuk ngurusin kantin ketimbang ngurusin anak walinya ;p

Ya, secara singkat begitu lah kumpulan orang-orang yang berinteraksi, baik secara langsung ataupun nggak langsung, dengan gue selama sekitar 3 setengah tahun terakhir ini. Selama 7 semester gue ada di kampus Psikologi Unpad ini.
Beratnya semester 7 udah lewat, beratnya semester 7 udah hampir kita kalahin sedikit lagi, tinggal UAS yang masih harus kita babat. Tapi gue yakin, kita semua pasti bisa, dengan metode apapun yang dilakukan untuk ngadepin UAS itu tentunya.

Semenjak tengah-tengah semester sempet mikir, "kapan semester ini berakhir". Sekarang semester udah mau abis "kenapa semester 7 cepet banget abisnya sih? gue kan belom siap untuk ngajuin UP!" Iya banget! UP. Ya, ada baiknya satu minggu waktu minggu tenang ini dimanfaatkan dengan baik, belajar yang bener, dan siapin UP. Hahaha, terlihat kurang niat. Tapi ngga apa-apa, liat aja nanti hasilnya gimana.
Baru sadar juga, semester 7 lewat, berarti semester depan, semester 8 udah ngga ada kelas yang bener-bener kelasnya punya 2008 ya? Yang nyisa semester depan ya paling yang kayak gue, ngulang-ngulang beberapa mata kuliah, dan baru ambil mata kuliah yang sempet "diutangin" selama beberapa semester yang lalu. Golongan satunya lagi yang bakalan udah jarang keliatan di kampus, iya mereka yang udah lagi ngerjain skripsi. Oke, apapun yang akan gue, lo, kalian, kita lakukan di semester depan, semoga sukses.

Hmm... Berhubung udah mulai makin ngantuk (maklum, hari ini rasanya panjang) jadi kayaknya disudahi dulu postingan ini.



Last but not least..... I love you my #psikopad08. Despite the hardships we've been through, I really am proud to be a part of #psikopad08. Let the laughter and tears be in our heart forever.

Hi again

Well, hello there, whoever you are. It's been a while since my last time updating this blog. If this blog is a book, it might be left out on the corner of the storage room, covered with dust. lol

So, how's your life? Mine's as always, as exciting as before, as boring as before.

To be honest, I don't know what kind of post should I make this night. I just feel like updating this blog, that's all.

Well, since I have no idea of what to write for now, let's just check this awesome blog. I found it this afternoon, and wow, I can't stop exploring it, and voila, I feel like polishing my nail now. But since I'm not on my period, I can't. But I guess I can polish my nail in 2 or 3 days ahead, hopefully.

Have fun checking on that blog, and go get your nails polished. Nighty night :*

Sejak Kapan Kecepatan Lulus dan Keberhasilan di Masa Depan Bersatu Membentuk Kurva yang Berbanding Lurus?

Beberapa hari yang lalu gue, nyokap, dan adek-adek main ke rumah saudara. Begitu sampe, gue rada kaget, karena hal pertama yang ditanya "Gimana kuliah, Poy? Kapan lulus?" Jujur gue cuma bisa diem denger pertanyaan itu. Ya gimana enggak, seumur-umur kalopun ditanyain tentang kuliah ya paling udah semester berapa, fakultas apa, atau setidaknya berapa semester lagi. Dan in tiba-tiba langsung ditembak kapan lulus. Gue sih spontan abis diem bentar langsung jawab "Yah, 3 atau 4 semester lagi palingan." (Harus diakui bagian 4 semester lagi itu dengan asumsi gue rezeki semester 9 bisa ikutan student exchange). Dan yang bikin gue lebih kaget lagi adalah....... Reaksi berikutnya yang dikasih sodara gue ini "Ngapain kuliah tuh lama-lama, 7-8 semester aja cukup. Abis itu bisa langsung kerja" Dan gue merasa tertamparrrrrrrr!!!!!

Jadi gini, bukannya gue nggak mau lulus cepet. Siapa sih yang nggak mau lulus cepet, iya kan?? Tapi masalahnya adalah, pada umumnya aja lulus dari fakultas gue dengan hanya melewati 8 semester itu udah amat sangat hebat, karena itu emang sesuai dengan jadwal akademik yang ditentuin kampus, semester 8 udah tinggal skripsi gitu. Lah gue? Udahlah nilai di semester awal sempet jeblok, dan dengan adanya beberapa mata kuliah yang bahkan belom gue ambil, selesai kuliah di semester ke-9 pun gue udah sujud syukur. Dan sekarang tiba-tiba dibilang 7 semester aja cukup, maksudnya gue berenti kuliah di tengah jalan? LOL

Dan kemudian ya reaksi gue selanjutnya hanya bisa tertawa miris. Hahahhahahaha. Setelah ngomongin kapan lulus, topik pembicaraan pindah. Mulai pada nanya kapan gue dateng blablabla. Kurang lebih gini percakapannya

A: "Kapan dateng, Vo?"
Gue: "Semalem."
A: "Loh, bukannya kemaren libur? Kok nggak pulang dari Kamis?"
Mama: "Dia kan kemaren abis ikut seleksi untuk pertukaran pelajar, eh pas magrib pengumuman keluar, dia belom lulus yaudah aja langsung pulang."
Gue: "Iya, kemaren abis seleksi, tapi belom rejeki. Ntar paling nyoba lagi semester atau taun depan."

Dari jawaban Mama tadi itu, muncul lagi pembicaran yang lagi-lagi membuat gue kaget dan yang lagi-lagi membuat gue merasa tertamparrrrrrr. Ya gimana nggak, jelas-jelas tujuan gue untuk ikut program ini tuh konkret, yang gue cari itu PENGALAMAN BELAJAR, bukan jalan-jalannya. Kalo cuma buat jalan-jalan sih mendin gue cepet-cepet lulus, cari kerja, nabung, jalan-jalan deh tuh ke Korea ampe mabok.

Jadi, respon yang diberikan saudara gue yang satunya lagi ini tuh gini, (kurang lebih) "Yaudah, kalo belom dapet mah belajar aja dulu sekarang yang bener, biar cepet lulus. Terus kerja, terus udah deh ntar mau kemana aja juga bisa jalan-jalan." Jujur gue rada kesel dan kecewa sama respon itu, karena orang tua gue aja sama adek gue ngedukung gue pas gue mutusin untuk apply ke program ini. Dan sekarang, di saat gue belom berhasil, tiba-tiba dibilang suruh belajar aja yang bener biar cepet lulus terus kerja terus bisa JALAN-JALAN kemana aja yang gue mau. Ini sih udah jatoh ketimpa tangga pula.

Kalo yang urusan cepet lulus di awal tadi gue masih bisa senyum aja nanggepinnya karena mereka nggak tau betapa beratnya kuliah gue (agak lebay tapi gapapa). Tapi untuk yang satu ini gue ga bisa tinggal diem. Dan akhirnya pun gue ngejawab (dengan agak singit dan sinis), "Yaelah, kalo cuma buat jalan-jalan doang mah ntar juga bisa abis lulus terus udah dapet kerja. Tapi ini tuh yang mau Ivo kejer PENGALAMAN BELAJAR di luar nya yang ga bisa gue dapetin kalo udah lulus (Betul bukan? Kecuali ntar gue tiba2 ambil S2 di luar gitu), bukan jalan-jalannya." Dan hahahahaha, terpuaskan sudah batin gue karena doi cuma diem abis itu.

Oke, kembali ke judul gue. Intinya mah, berdasarkan pengalaman gue yang tadi gue ceritain itu, muncul pertanyaan di benak gue. Sejak kapan hubungan cepet lulusnya orang sama kesuksesannya di masa mendatang itu membentukk kurva yang berbanding lurus? Karena yang gue tangkep dari semua omongan sodara gue itu adalah, semakin cepet gue lulus, maka akan semakin cepet gue menjadi orang yang sukses, orang yang berduit. Tapi ya, kalo lulus cepet, tapi nilai jelek ga ada artinya. Lulus cepet, nilai bagus tapi ga punya pengalaman apa-apa juga ga ada artinya. Jadi ya, gue sendiri jujur lebih milih lulus telat 1-2 semester tapi setidaknya gue punya pengalaman berharga yang bisa gue kenang sampe mati. Betul?




Take A Look at The Bright Side.

Beberapa minggu terakhir ini gue menyibukkan diri dengan nyiapin diri untuk ikut seleksi pertukaran mahasiswa ke Ajou University, Korea Selatan. Sebenernya nggak banyak sih yang harus disiapin, ya transkrip nilai, self introduction essay, CV, dan nyiapin mental tentunya. Yah, rada deg-degan karena gue pikir sebelum proses seleksi yang bener-bener dites akan ada tes administratif. Biasa lah, takut CV nya ompong, taku esai yang dibikin kurang "ngejual", takut bahasa Inggris yang gue pake untuk nulis esai acakadul, dsb.

Setelah dua minggu atau tiga minggu nyiapin untuk semuanya, hari Rabu, 13 April 2011 gue, kak Tina, dan beberapa senior dari Fapsi lainnya barengan ke DU, kantor KLN untuk ngumpulin application form sama semua persyaratannya. Di awal ini gue masih ngerasa sangat optimis gue pasti bisa, gue pasti bisa dapet Fall Semester 2011.

Tanggal 20, ada pengumuman di blognya UASEP, kalo tahap seleksi pertama, LGD, akan diadakan tanggal 22 April 2011 dan kita boleh pilih mau yang jam berapa LGD nya. Gue dengan semangat '45 langsung ngirim email pagi itu juga biar bisa dapet gelombang pertama, yang jam 9-10 pagi. Di sini gue masih ngerasa optimis gue pasti bisa, walaupun ngeliat jumlah applicants nya bejibun, sekitar 90an orang, agak jiper ya tapi masih bisa optimis lah.

Akhirnya hari Jumat dateng, gue (lagi-lagi) dengan semangat '45 siap-siap dari abis solat subuh langsung rapi-rapi, mandi dsb. Udah rapi gue berangkat ke Bandung sama kak Tina sama Acy. Sampe Bandung, (lagi-lagi) gue masih ngerasa optimis, hebatnya gue nggak ngerasa sakit perut, gue nggak begitu deg-degan, tapi ya pas mau masuk tangan gue rada dingin. Wajar, menurut gue.

Sebelum masuk ke gedung KLN nya, kita dibagi-bagi dulu jadi 4 kelompok kecil dari 24 orang yang ada di gelombang 1 itu. Pas udah mulai duduk di dalem, gue udah mulai deg-degan ga karuan. Terus baru deh dijelasin kalo kita akan ngelakuin LGD, waktunya berapa lama, dan temanya "Indonesia should increase tax on foreign films". Bukannya sotoy, tapi gue ngerasa sih ya cukup mampu lah untuk topik ini. Udah ngemeng-ngemeng segala macem, LGD selesai, dan kita dapet kesempatan ngobrol dikit sama assessor nya. Ya, pada nanya-nanya lah gimana kuliah di Ajou.

Sejujur-jujurnya, hari itu gue agak kesel. Kenapa? Satu, hari Jumat itu sebenernya hari libur dan gue seharusnya udah bisa pulang dari hari Kamis. Tapi abis itu gue semangat lagi karena menurut gue ya ini salah satu usaha gue untuk ngejar mimpi gue, dan untuk mencapai suatu mimpi itu nggak gampang. Gue anggap aja ini salah satu pengorbanan simpel yang harus gue lakuin untuk mimpi gue, minggu-minggu depan masih ada libur lagi. Dan setelah sesi LGD ini selesai gue bisa pulang, karena setau gue biasanya tahap berikutnya akan dilakukan selang seminggui. Dua, perkiraan gue salah. Ternyata tahap berikutnya akan diadakan besoknya, Sabtu, dan pengumuman yang lulus tahap LGD adalah hari Jumat malam itu. Positif gue bener-bener nggak bisa pulang. Karena lanjut atau nggak lanjut ke tahap berikutnya gue harus nunggu pengumuman yang baru keluar malam itu.

Sorenya, sekitar jam setengah 6an, gue iseng buka blog nya UASEP. And guess what, pengumumannya ternyata udah keluar. Jujur pas liat judulnya aja gue nggak begitu mengekspektasikan untuk ngeliat nama gue di jejeran nama orang-orang yang lulus tahap LGD karena gue pribadi pun ngerasa gue amat sangat kurang optimal di tahap LGD. As I expected, I didn't make it. Seketika itu juga gue langsung tlp nyokap, gue bilang pengumuman udah keluar, gue nggak lulus tahap 1, dan gue mau pulang sekarang. Abis solat gue langsung pulang.

Sekarang, sampe di inti cerita gue. Bukannya gue mau cerita tentang kegagalan gue atau apa. Tapi dari gagalnya gue di tahap 1 seleksi ini, bikin gue sadar, kalo gue sendiri pun sebenernya belom bener-bener siap, gue hanya "menyiap-nyiapkan" diri gue, gue maksain untuk siap. Dari awal pun tiap solat gue udah berdoa, kalo emang rejeki gue, mudahin, tapi kalo emang belom rejeki gue dapet yang tahun ini, jangan lulusin gue dari tahap 1 seleksi. Doa gue terkabul.

Jujur, ini sekalinya gue gagal, dan sedikitpun gue nggak ngerasa sedih, atau apa. Gue bahkan nggak nangis. (Pada umumnya gue kalo ngebet mau sesuatu harus dapet dan kalo nggak dapet gue akan menangisi kegagalan gue). Setelah gue pikir-pikir, emang lebih baik gue jangan masuk dulu di Fall Semester ini. Bukanyna gimana, gue punya beberapa pertimbangan.

Pertama, tahun ini adek gue akan masuk kuliah. Pertimbangan pertama gue di sini adalah, uang. Iya, uang orang tua gue kan nggak sebanyak itu. Anaknya baru masuk kuliah, belom lagi kalo adek gue dapet kuliah di luar Jakarta, harus ngekos. Tiba-tiba gue harus cuti satu semester dan kuliah di luar. Jujur gue sendiri pun ngerasa nggak mau ngebebanin orang tua gue, terlepas mereka ngerasa terbebani atau nggak. Dan gue juga ngerasa gue mau ngedampingin adek gue di tahun pertama dia kuliah. Ya walaupun pada akhirnya gue tetep apply karena gue pikir, kalo gue keterima, Dia pasti nggak akan ninggalin gue, gue pasti akan selalu dibimbing, dimudahkan semuanya.

Kedua, nilai. Jujur, pas gue apply untuk program ini, gue rada nggak pede, karena IPK gue bahkan cuma 0.04 di atas batas minimum IPK yang bisa ikutan. Agak jiper, tapi lagi-lagi, siapa yang tau sih ke depan bakal kayak gimana? Selain itu, gue pikir kalo gue harus cuti satu semester dengan keadaan masih ada utang beberapa mata kuliah yang mau diambil, kapan mau lulus?

Ketiga, di kampus lagi mau bikin acara, JJE (Jatinangor Jazz Event). Acaranya diadain bulan Oktober (InsyaAlah), dan gue merupakan salah satu anggota divisi danus. Jujur ini yang di awal juga sempet ngebuat gue urung untuk daftar ke program exchange ini. Gue punya tanggung jawab, dan yang namanya tanggung jawab nggak bisa gue tinggal begitu aja. Tapi akhirnya gue tetep apply karena ya gue pikir, emang udah pasti 100% akan lulus?

Tiga itu tadi merupakan hal paling utama yang dari awal udah bikin gue 50:50 untuk apply buat Fall Semester. Tapi ya itu, hal-hal itu pada akhirnya cuma jadi pertimbangan gue aja, karena akhirnya gue apply juga kan.

Sekali lagi, jujur, pas nggak lulus tahap pertama pun gue rada bersyukur. Kebingungan gue udah 100% terbayar. Gue nggak perlu ngerasa ngebebanin orang tua gue, gue akan bisa ngedampingin adek gue di tahun pertama dia kuliah, gue harus tetep megang tanggung jawab di acara yang mau diadain fakultas, gue dikasih kesempatan untuk ngebenerin dulu nilai-nilai gue selama dua semester kalo insyaAllah Fall Semester tahun depan rezeki gue.

Bukan berarti gue ga kecewa atau gimana, kecewa sih ya ada kecewa. Tapi ya gue bersyukur aja gitu, Dia ngasih jawaban untuk semua kebingungan gue, Dia bahkan menyanggupi permintaan gue, kalo emang belom rezeki gue ya dari awal jangan dilolosin. Bukannya gue takut nerima kegagalan di tahap-tahap menengah hampir terakhir , cuma gue takut aja udah berhasil lewatin tahap demi tahap, terus jadi mulai ngerasa sombong, ngerasa gue pasti masuk nggak mungkin nggak. Tapi ya itu, selalu ada banyak hal yang bisa kita pelajari dari suatu kegagalan.

Sebisa mungkin gue berusaha ngeliat kegagalan ini dari sisi yang positif. Karena gue sendiri pun nggak nemu sisi negatif dari kegagalan gue. Bayangkan, gue yang secara umum bisa dibilang nggak begitu aktif, tiba-tiba masuk aja sekarang, bisa gawat kan. Makanya gue ngerasa cukup bersyukur atas kegagalan ini. Gue bisa minta feedback dari komite nya, gue dikasih waktu tambahan setahun lagi untuk memperbaiki semua kekurangan itu, ngelatih lagi kelebihan gue. Dan seperti yang gue tulis di judul, "take a look at the bright side".

Dari kegagalan ini gue belajar lebih banyak untuk ngeliat segala sesuatu hal dari banyak sisi, terutama liat sisi negatifnya. Karena seburuk-buruknya suatu hal, nggak menutup hal itu punya sisi negatif walaupun hanya seiprit. Selamat malam.

Great Saturday

Yes, I just felt like updating my blog. And now it's 1.25 AM already here, in Jakarta. Should I call it a Sunday morning? It's Sunday already, eh? I went to Bandung yesterday, with my friend, Avo. Our trip to Bandung was originally Pipin and Lia's idea. But it ended up "finished" by me and Avo because of some reasons.

Okay, I'm not gonna talk nonsense, I'll just start the story of my trip to Bandung yesterday.

First of all, we took Damri from Jatinangor at about 9 AM (I actually don't remember). As soon as we arrived at Bandung we went to Warung Pasta. As it's name, it sells pasta. I'll just share my menu.

So, I ordered Spicy Hot (I don't really remember the name). It contains fettucini (you can choose any other kind of pasta), prawns, squid, and it has the taste of Tomyam soup. This is the picture of my Spicy Hot. Looks delicious, eh?



The second one, our pizza. I really don't remember it's name. It contains cheese, cheese, and cheese. The pizza here is a little different from the other pizza. The pizza is crispy. You can hear the sound of "crunch-crunch" LOL. Here's the picture of our pizza.



And this is me while eating my pizza :p



So, after finished our lunch, we headed to Point, it's a stationary store beside BIP. I was very happy since I had a chance to buy pencils. To be honest, I have this weird obsession toward pencils, especially the ones called "pensil mekanik". Since this store is selling stationary with cheaper prize than the other store, I bought some pencils, a pen, a folder, and paper for my files. I'm just gonna share the picture of the two pencils I bought yesterday, and my collection LOL.

So, these two pencils, I bought them yesterday.



And these are my collection, hehe.


After we finished our shopping session at Point, we headed to BIP. I only bought a pair of ring and bracelet here. Oh, and not to forget, my friend ask me to buy her shower gel, then after I bought that ring and bracelet, we headed to Body Shop.

These are my new pair of ring and bracelet.





After that, we headed to the cross of the street, Gramedia. I was very excited since I found two cute yarns. This is the picture of my cute colored yarns.



Then, we headed to BEC. My friend, Avo, was looking for silicon case for her blackberry. After finished her shopping time, we headed to Sushiboon at Dago.

I ordered Godzilla here. I don't really remember what's in it, the only one that I remember is it contains prawn in it. This is te picture of my sushi.



And it's me while eating my sushi


Whoa, such a long post. I'll just end this post here since it's 2.24 AM already :O Gotta go to sleep, I'm very sleepy right now. See you soon if I have enough intention to make some posts. Great day!


Live&Rockin'

Whoa, it's been a really long time since my last update. It's about 3 months, more or less. So how's your life doing, everyone? Mine is good, hehe. Well, it's 1.09 AM already here, in Jakarta. Today's March 13th, which is 2 days more until March 15th. And also, today's my cousin's birthday. Happy birthday dear Samuel, wish you all the very best, have a blast!

So, I've told you before about my current hobby, fangirling. This is it, a boyband named 2PM is going to have a so called concert here, in Jakarta, on March 19th, which is next week. And another fact about it, it's going to be held on the same day with Super Show 3 Malaysia. Well, since I don't get the chance to watch Super Show 3, I was about to watch 2PM. But the promoter and the sponsor made it hard for me to attend this show, they got such a different way on selling the tickets. But a few days ago, they made a quiz, and fortunately I got the ticket. I just need to wait for their email confirmation, or maybe a confirmation via my blackberry, about my ticket. I hope I can make a post about the show next week.

That event is not actually 2PM's concert. It's a festival called Live & Rockin' with the guests, Taio Cruz, Suede, 2PM, and Shontelle. To be honest I'm not that interest with this show, except the fact that 2PM is one of it's guest. Whoa, I just can't wait to watch 2PM sing live, in front of me. Can you imagine it? I'm going to see them with my very own two eyes. It's just unbelievable.

Well, I'm planning to post two stories tonight. Be prepared for my next post!


Long Time No See

Well, hello everyone? How's your life doing? It's been a really long time since my last post, eh? Been busy with my own world for this whole time. Busy with my campus life, and of course, busy fulfilling my needs of kpop LOL. Have I told you that I've been addicted to those Korean boy band for almost a year (I know 1 year is not a long time for some people) now? I bet I haven't share my obsession about them hehe.

Hmm, I don't know what to share for now. I just feel like writing something without any particular subject nor reasons. Let's call it a random post.

Today's December 6th. 3 days until Choi Minho's birthday (he's one of my bias from korean boyband named SHINee). And yes, I am just 19 days away from my birthday. Gonna have my last year as a TEENager, hehe.

And also, I just need to count days until my final exam for this semester. Seriously, I can't believe that I'm just a month or two months away from my 6th semester. Time flies fast, right? It feels like I was on my first semester yesterday, mehehe.

Well, sorry for my random post. The topic changes as I press enter twice.

As I said before, time flies fast. My little sister will have her graduation from highschool in 6 months time, more or less. She's going to be a college student. And my little brother will be a second grader as an elementary school student.

Okay, gonna finish this post as my tired body needs rest. Good night, Universe.